Pages

Selasa, 12 Juni 2012

Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Windows 7 akhir-akhir ini menjadi operating system yang dijual dalam satu paket bersama penjualan laptop atau netbook. Biasanya para penjual laptop akan menawarkan Windows 7 sebagai operating sistem laptop baru kita tersebut. Banyak merek-merek komputer baru dan laptop terbaru yang memberikan paket penjualan produk mereka sekaligus sistem operasi Windows 7 ini.
Bahkan ada beberapa merek produk komputer atau netbook atau notebook yang mengharuskan untuk menggunakan sistem operasi Windows 7 dalam sistem penjualan produk mereka. Windows 7 merupakan penyempurnaan dari Windows Vista dan tersedia dalam beberapa pilihan yaitu Windows7 Starter, Windows7 Premium dan Windows7 Professional.
Kegagalan Windows Vista yang dikeluarkan oleh perusahaan raksasa Microsoft membuat
perusahaan tersebut berharap lebih banyak dengan keluarnya produk terbaru mereka yaitu Windows 7. Kegagalan Windows Vista tersebut membuat mereka belajar agar Windows7 ini akan menjadi lebih baik dan bisa mencapai kesuksesan seperti Windows XP.
Tetapi tetap saja, sama seperti produk-produk terdahulu yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft, Windows 7 tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu sebelum melakukan pembelian dan penggunakan pada sistem operasi Windows 7 ini, ada baiknya para pembeli membandingkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing operating system yang hendak digunakannya.

Windows 7 dan Spesifikasi Hardware

Untuk dapat menggunakan Windows7 ini maka hardware sebuah komputer atau laptop harus memenuhi spesifikasi berikut ini:

1. Spesifikasi Hardware yang Pas dengan Windows 7 - Graphics DirectX9

Laptop atau komputer yang ingin menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasinya harus memiliki graphics device minimal DirectX9 atau yang di atasnya.

2. Spesifikasi Hardware yang Pas dengan Windows 7 - Harddisk Besar

Untuk menggunakan fasilitas kecanggihan dari Windows 7 minimal space harddisk yang harus dimiliki adalah enam belas gigabyte bagi para pengguna komputer atau laptop baik notebook maupun netbook.

3. Spesifikasi Hardware yang Pas dengan Windows 7 - RAM

Laptop atau komputer yang ingin menggunakan Windows 7 ini juga harus memiliki RAM (Random Access Memory) atau yang lebih dikenal dengan memori komputer atau laptop minimal satu gigabyte.

4. Spesifikasi Hardware yang Pas dengan Windows 7 - Processor Kecepatan Minimal 1GB

Windows 7 baru bisa bekerja pada komputer atau laptop yang memiliki processor dengan kecepatan minimal satu gigabyte atau 32-bit.

Kelebihan dari Windows 7

Kelebihan dari Windows 7 Starter Edition yaitu komputer atau netbook dengan spesifikasi terendah yang hanya menggunakan Intel Atom N450, asalkan berkapasitas memori satu gigabyte sudah mampu untuk menjalankan Windows 7 Starter Edition ini tanpa kendala.
Namun jika memori yang dimiliki komputer atau laptop di bawah satu gigabyte maka yang akan terjadi adalah penggunaan Windows 7 ini menjadi tidak efektif dan jalannya tersendat-sendat.
Selain itu secara umum kelebihan lainnya dari Windows 7 ini memiliki konsumsi daya yang lebih irit maka pemakaian Windows 7 menjadi lebih stabil. Windows 7 juga memiliki waktu booting lebih cepat sehingga ketika laptop atau komputer baru dinyalakan maka akan dengan cepat dapat langsung digunakan.
Booting yang lebih cepat tersebut juga memengaruhi proses pemanggilan data pada harddisk sehingga ini menjadi salah satu keunggulan Windows 7. Tersedianya berbagai aplikasi pada Windows 7 memudahkan pengguna komputer atau laptop dalam bekerja.
Aplikasi-aplikasi tersebut seperti:
  • Dengan fasilitas Snap maka pengguna Windows 7 dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan aplikasi tersebut dapat ditampilkan bersebelahan.
  • Windows 7 juga memiliki fasilitas atau aplikasi Home Group di mana Home Group ini merupakan sistem jaringan yang tersedia di dalam Windows 7 yang digunakan menghubungkan beberapa komputer atau laptop sekaligus untuk berbagai file
  • Jump List adalah aplikasi lain lagi yang tersedia di operating sistem Windows 7 yang memudahkan penggunanya untuk membuka kembali salah satu aplikasi yang sedang berjalan hanya dengan melakukan klik pada pin yang tersedia. Dengan menggunakan fasilitas Jump List yang disediakan oleh Windows 7 ini maka pengguna dapat langsung mencari lagu, gambar atau dokumen di dalam desktop secara cepat tanpa harus membuang terlalu banyak waktu untuk melakukan pencarian. Bahkan dengan Jump List ini pula pengguna dapat langsung menemukan aplikasi yang digunakan pada hari kemarin atau hari sebelumnya. Pengguna juga dapat me-manage list pada jump list ini dengan melakukan menarik atau membuang sebuah file yang sudah tidak dibutuhkan lagi.
  • Di dalam Windows 7 terdapat pula aplikasi Windows Media Center yang dapat menonton siaran televisi secara online dan dapat merekam siaran televisi tersebut.
  • Windows 7 memiliki aplikasi Windows Live Essentials. Di aplikasi ini para pengguna operating sistem Windows 7 akan mampu mengakses data secara offline dan melakukan berbagai hal untuk foto dan video.
  • Selain itu keistimewaan lain dari Windows 7 ini adalah aplikasi web slices yang berguna untuk memoto bagian dari situs yang kita inginkan dan kemudian ingin kita gunakan sebagai referensi dengan lebih mudah dan cepat serta aplikasi Parental Control,  dengan aplikasi ini para orang tua dapat mengontrol anak-anak dalam menggunakan komputer atau laptop misalnya saja para orang tua dapat menetapkan waktu pemakaian dan lamanya akses dalam menggunakan komputer atau laptop bagi anak-anaknya.
  • Ada banyak aplikasi atau gadget yang tersedia pada Windows 7. Kita hanya tinggal melakukan klik kanan pada desktop dan kemudian memilih berbagai gadget yang tersedia untuk memberikan kemudahan saat kita bekerja.
  • Dengan menggunakan Windows 7 maka para penggunanya dapat berselancar di dunia maya dengan lebih cepat, aman dan mudah. Fasilitas Inprivate pada Windows 7 juga akan membantu kita untuk menjelajahi dunia maya secara privasi.
  • Ketika berselancar di dunia maya, Windows 7 dilengkapi dengan SmartScreen yaitu filter yang akan melindungi kegiatan pengguna selama berselancar di dunia maya . Pengguna akan terhindar dari virus, spam dan lainnya.
  • Windows 7 memiliki fitur Aero Peek yang dapat sangat membantu pengguna untuk mengintip desktop tanpa menyentuh jendela. Caranya adalah dengan melayangkan kursor pada kotak bujur sangkar pada kanan bawah. Klik pada kotak bujur sangkar tersebut untuk memperkecil seluruh tampilan dari jendela-jendela yang terbuka.

Kekurangan Windows 7

Walaupun perusahaan Microsoft berusaha sekuat tenaga untuk menjadikan Windows 7 sebagai salah satu operating sistem terbaik seperti Windows XP yang fantastik, namun ternyata Windows 7 ini masih banyak kekurangannya.
  • Banyak software dan hardware yang belum support dengan Windows 7 karena itu sebelum menggunakan operating sistem Windows 7 ini pengguna harus meneliti terlebih dahulu apakah software dan hardware yang ingin digunakan sudah support dengan Windows 7.
  • Pada Windows 7 Starter Edition tidak ada fasilitas DVD Playback ini artinya pengguna operating sistem Windows 7 tidak akan bisa menonton DVD, walaupun pengguna menggunakan DVD player eksternal, Windows 7 ini tidak akan memutar DVD-nya.
  • Windows 7 tidak support dengan software-software yang 64-bit. Terutama pada sistem operasi Windows 7 Starter Edition. Karena biasanya 64-bit tersebut digunakan untuk software-software khusus.
  • Tampilan desktop terutama tampilan desktop Windows 7 ini sangat membosankan karena background pada desktop tidak dapat diganti-ganti. Windows 7 Starter Edition ini terutama telah melakukan penguncian untuk pengubahan background pada desktop.
Untuk tablet PC, tidak dapat menggunakan Windows 7 Starter Editio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar