Pages

Selasa, 15 Mei 2012

Komponen-Komponen Komputer

Komponen utama mutlak ada untuk dapat menghidupkan komponen, seperti motherboard, prosesor, RAM, video hard disk, dan lain-lain. Sedangkan komponen tambahan berfungsi untuk melengkapi fungsi komputer, seperti printer, scanner, speaker, USB Card, dan lain-lain.
Komponen Utama Komputer
  1. Motherboard. Motherboard adalah komponen paling utama dari sebuah komputer, karena di motherboard-lah komponen lainnya dipasang, seperti memori, prosesor, hard disk, dan lainnya.
  2. Prosesor. Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer, prosesor-lah yang bertugas mengerjakan perhitungan-perhitungan dan mengerjakan seluruh instruksi yang diberikan oleh penggunanya.
  3. RAM. Random Access Memory bertugas untuk menyimpan semua data sementara dari program yang sedang dijalankan.
  4. Video Card. Vidio Card berfungsi untuk menyambungkan dan menterjemahkan hasil olahan komputer ke dalam monitor.
  5. Sound Card. Agar komputer bisa menghasilkan bunyi dan bisa dipergunakan untuk mendengarkan musik, maka komponen ini sangat dibutuhkan.
  6. Hard Disk. Merupakan tempat menyimpan data, baik tulisan audio, video, dan lain-lain. Jika ingin menyimpan banyak data dalam komputer maka carilah hard disk berkapasitas besar.
  7. Optical Disc Drive. Komponen pemutar CD. Disc drive berfungsi untuk memutar berbagai CD termasuk CD penginstalan OS.
  8. Monitor. Bertugas untuk menampikan gambar dan video. Saat ini tersedia pilihan monitor tabung dan monitor layar datar.
  9. Keyboard dan Mouse. Keyboard berfungsi untuk mengetik pada komputer, sedangkan mouse untuk mengarahkan cursor dan untuk mengklik aplikasi program.
  10. Power Supply. Pemasok aliran listrik ke dalam komputer. Jika tidak memiliki power supply otomatis komputer tidak akan bisa hidup.
  11. Casing. Fungsi dari casing adalah sebagai tempat meletakkan dan melindungi berbagai komponen seperti motherboard, hard disc, power supply dan optical disc drive.
Komponen Pendukung Komputer
  1. LAN Card. LAN Card atau kartu jaringan berfungsi sebagai penghubung suatu komputer dengan komputer lainnya.
  2. Modem. Sebuah alat komunikasi dua arah yang berfungsi mengirim dan menerima sinyal. Modem biasa dimanfaatkan untuk jaringan internet.
  3. USB. Universal Serial Bus adalah perangkat penghubung. Flash Disk, kamera digital, dan ponsel, jika ingin dikoneksikan dengan komputer harus menggunakan komponen ini.
  4. Printer dan scanner. Printer bertugas untuk mencetak hasil dari olahan komputer, sedangkan scaner bertugas untuk memindai foto, gambar dan dokumen lainnya. Hasil dari pindaian itu akan dipindahkan ke dalam hardisk komputer.
  5. Speaker. Benda inilah yng bertugas mengeluarkan bunyi, jika menginginkan kualitas suara yang baik maka harus ditunjangan dengan kualitas speaker yang baik pula.
  6. Bluetooth. Sebuah jaringan tanpa kabel yang dapat berfungsi memindahkan data. Bluetooth memiliki jarak koneksi yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar